Posted in Uncategorized

SBMPTN? Pasti bisa lah

Masa-masa SMA itu memang menyenangkan, datang terlambat kena hukuman jalan jongkok, ga pake dasi, topi, atau atributnya tidak lengkap diasingkan barisannya sewaktu upacara, kalau gak ada guru main ke kantin, dan banyak hal lainnya yang bakal bikin kangen kalo udah lulus.

Apalagi kalo udah kelas 12, ada pelajaran tambahan atau biasa disebut les buat persiapan masuk Universitas setelah usai jam sekolah, yang bikin kita makin lama menghabiskan waktu di sekolah dengan teman-teman.

Ah, jadi kangen SMA nih :’)

Skip dulu cerita SMA nya, disini aku mau menceritakan perjalananku menuju bangku kuliah, dari mulai SNMPTN, SBMPTN, Ujian Masuk Polmed, Ujian Masuk Poltekkes, dan SBMPTN lagi! :’)

Waktu SMA dulu aku masih ga jelas mau nya apa, tapi disaranin orang tua coba aja ambil kedokteran. Ya sudahlah aku pilih Kedokteran – USU, Kedokteran – Unila, lalu pilihan ketiga Ilmu Komputer – USU sewaktu SNMPTN.

FYI, nilai aku biasa biasa aja sih, sembilannya ada tapi lebih banyak delapannya, masih banyak yang nilainya jauh di atas aku, hmm kalo ga salah aku dapet urutan 20-an gitu ranking paralel satu sekolah.

Lalu eh ternyata hasilnya ga lulus.

Temen-temen ada yang lulus berapa, hmm agak iri sebenernya. Enak banget yang bisa lulus tanpa harus belajar buat menghadapi soal ujian masuk dan bersaing dengan ribuan orang lainnya. Hmm yasudah ga apa apa, masih ada SBMPTN, semangat!

Sebenernya waktu kelas tiga kemaren itu aku emang kurang sih belajarnya, kebanyakan main, karena tiba-tiba dilepas orang tua dan ke sekolah bawa motor, jadi maruk kesenengan main sama temen :’) jangan ditiru loh, dek.

Aku juga ga ikut bimbingan di luar sekolah waktu kelas tiga, dan jaranggggggg banget ngebahas soal soal SBMPTN gitu, yang aku kerjakan di rumah itu tidur-tiduran dan main line dari laptop (dulu ga punya hp yang bisa Line) atau ga nonton film, masih dari laptop juga. Dari sebelum tidur laptop nyala, sampai bangun pagi tetep nyala. Makasih loh laptop ku sayang udah menemani selama 3 tahun ini :’) sekarang dia rusak guys, LCDnya mati gara gara pas bangun tidur aku berpijak di atas laptop itu 😥 dan belum diservice karena aku belum bilang kalo laptopnya rusak.

Oke skip lagi.

Tibalah waktu SBMPTN, aku udah kapok, ga mau kedokteran lagi. Kali ini bener-bener pilihanku sendiri, aku pilih Ilmu Komputer – USU dan Teknologi Informatika – USU.

Ga ada milih di luar Medan, karena takut ribet ngekosnya dan emang ga mau pergi ninggalin Medan sih saat itu.

Jreng jreng, tibalah pengumuman.

MERAH. AKU GA LULUS LAGI! Yey

Aku ga tau aku lupa gimana rasanya saat itu dapet pengumuman ga lulus, tapi ga mungkin kan aku seneng? Mungkin sedih, entah lah gak ingat.

Lalu lalu ada tuh Politeknik Negeri Medan buka pendaftaran, kakaknya temenku, Bella juga anak politeknik, terus aku minta soal-soal yang dulunya jadi soal Ujian Masuk Polmed dan aku belajar! Yey aku belajar lho ini beneran.

Jreng jreng jrenggg aku lulus di pilihan pertama yaitu Teknik Komputer. Jurusan yang sama dengan kakaknya Bella.

Lalu aku ikuti daftar ulang, aku ikuti tes kesehatan, aku ikuti pengumpulan berkas, sampai pengurusan jumlah ukt. Nah dan dapetnya UKT ku 1 juta persemester.

Tapi………….. ternyata bukan disitu jalannya. Aku ga jadi kuliah di Polmed untuk suatu alasan. Kata Ibu ku, nanti aja tahun depan coba SBMPTN lagi. Okay. Sabar, pikirku. Walau agak agak ngilu sikit lah.

Karena udah tamat SMA, dan belum kuliah, resmi sudah aku jadi pengangguran. Huehehe.

Bosan dengan kehidupan yang di rumah aja dan ga megang duit sama sekali, aku hijrah ke Tanjung Morawa, ke rumah Ibu ku. Dia punya tempat fotokopian disana, jadilah aku karyawan disitu, free makan dan tempat tinggal. Seengganya aku punya uang pegangan, dan berinteraksi dengan orang lain, bukan hanya berdiam diri di kamar berkutat dengan laptop.

Eleh, gaya ku. Mck mck.

Jadilah aku karyawan fotokopian. Ah, sedih rasanya disaat temen-temen pada sibuk ngomongin ospek kuliahan, ngomongin krs, sks, aku gak mengerti.

Oke skip,

Suatu hari di bulan oktober, Ibu ku yang dari Tangerang datang ke Medan, lalu dia menawariku untuk ikut dia kesana, lalu ikut SBMPTN lagi tahun depan dan kuliah disana. Ya aku mau saja lah. Ku pikir pikir kalau aku cari uang sendiri buat kuliah, entah kapan bisa terkumpulnya, yasudah aku ikut saja.

Ta-da.

Pergilah aku meninggalkan Medan, pada tanggal 20 Oktober 2015.

Sekitar pukul lima sore mungkin, aku sudah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, CGK.

Ah. Begini Tangerang itu ya.

Jelang dua bulan berada di Tangerang, tapatnya bulan Januari, aku mulai ikut bimbingan test untuk SBMPTN di sebuah bimbel di Kota Tangerang, sebut saja NF. Hehehe.

Sumpah itu jauh banget loh. Tiap harinya aku berangkat naik bis :’)

Disini aku bener-bener belajar sebisa aku, ga main-main kaya dulu karena tekadku udah bulat, harus bisa masuk PTN tahun ini dari jalur SBMPTN, jangan ada SBMPTN yang ketiga kalinya. Udah cukup satu tahun aku jadi pengangguran.

Les tiap hari itu bener-bener usaha banget. Tapi pokoknya bener kok apa kata quotes-quotes itu, gak ada hasil yang menghianati proses, asal lu bener-bener usaha dan gak lupa berdoa sama tuhan.

Jadi tips buat menghadapi SBMPTN itu

  1. Kamu harus bener niat. Niat kamu apa? Mau kuliah apa mau main-main?
  2. Kamu harus bener-bener belajar. Belajar sebisa kamu.
  3. Rajin bahas soal atau konsul bareng temen temen dan tutor kamu.
  4. Kesampingkan dulu main bareng temen, kalo udah lulus boleh main lagi hehe
  5. Putusin pacar! Hahaha ya biar kamu fokus gitu, ya walau mungkin ga semua orang setuju. But, I do this anyway. Tehe!
  6. Solat wajib jangan pernah tinggal, solat sunnah rawatibnya sekalian, dan solat tahajjud lah sesekali
  7. Puasa senin kamis sesekali
  8. Minta restu kedua orang tua
  9. Doa jangan sampai putus

Ya, mungkin itu aja deh. Kesel ga kamu baca cerita aku panjang-panjang tipsnya tuh cuman segitu singkat? Hehehe maapin ya suka kebawa curhat gini emang orangnya.

Oh iya, sekarang aku kuliah di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), PTN Negeri di propinsi Banten. Aku di Fakultas Pertanian, Jurusan Agribisnis.

Semangat belajarnya, adik-adik!

PTN favorit kalian sudah menanti kehadiran kalian.

 

NB: yang mau nanya-nanya soal untirta, agribisnis, atau NF bisa contact aku di line yaaa

id: anxlani

 

Advertisements

8 thoughts on “SBMPTN? Pasti bisa lah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s